Malam Rabu Wekasan di Desa Suci Gresik

Malam Rabu Wekasan di Desa Suci Gresik

Baca juga info : kursus bahasa inggris


Semalam adalah dimana terjadi peristiwa Rabu wekasan, banyak sekali yang memperingati even tersebut, dan salah satunya yang terjadi di Desa Suci Gresik. Malam Rebo wekasan merupakan malam bersejarah bagi masyarakat Suci Kec. Manyar. Sebab, malam itu menjadi pembersihan salah kepada sanak saudara dan merupakan malam untuk mensucikan diri secara jasmani.
Baca juga info : info kursus bahasa inggris

Salah satu warga di Desa sui mengatakan bahwasannya malam ini menjadi acara puncak malam rebo atau akhir hari Rabu pada akhir bulan syafar pada kalender bulan jawa. 

Kegiatan pada waktu malam itu seluruh penduduk desa Suci mengadakan dan saling mengunjungi rumah antar sanak saudara sekaligus menambah keakraban sanak saudara, seperti teringat ketika momentum lebaran. 

Selain saling berkunjung dan silaturahmi dengan warga sekitar, terjadi pula acara mandi di telaga guna sebagai tanda bersihnya anggota secara jasmani. 

Kegiatan Rebo wekasan sudah menjadi adat yang turun temurun, ditutup dengan acara doa bersama dengan seluruh warga yang di temani dengan aneka jajanan, mainan yang menghibur anak-anak serta masyarakat umum. 

Demi kelancaran acara tersebut. Oleh sebab itu, sepanjang Jl. KH Syafi'i di Desa Suci ditutup total bagi kendaraan motor atau pun mobil, karena, sepanjang jalan sudah dipenuhi dengan stand-stand pedagang guna untuk memeriahkan acara Rebo Wekasan. 

Komentar

Postingan Populer