Usai Terjadi Gempa Alaska, Peringatan Tsunami untuk Washington Dicabut

Usai Terjadi Gempa Alaska, Peringatan Tsunami untuk Washington Dicabut


Baca juga info : Info kampung inggris pare
WASHINGTON - Peringatan tsunami yang berpotensi melanda pesisir Alaska dan wilayah pantai barat Amerika Serikat (AS) termasuk Washington dicabut. Peringatan bahaya itu muncul sesaat setelah gempa berkekuatan 7,2 skala richter (SR) mengguncang Pulau Kodiak, Alaska, Selasa (23/1/2018).

Pusat Tsunami Nasional semula mengeluarkan peringatan terhadap sejumlah wilayah yang berpotensi dilanda tsunami. Berbagai wilayah itu antara lain, pesisir Alaska, British Columbia milik Kanada dan sejumlah wilayah di pantai barat AS seperti California, Oregon dan Washington.


Pengumuman bahaya itu disampaikan pagi hari dan dibatalkan atau dicabut setelah pukul 12.00 GMT pada hari Selasa. Kendati demikian, peringatan serupa masih berlaku untuk wilayah pantai barat Kanada.

Di Alaska, pengumuman potensi tsunami dikirim Layanan Cuaca Nasional ke ponsel-ponsel warga.”Lansiran Darurat. Bahaya tsunami di pantai. Pergi ke tempat yang tinggi atau bergerak ke darat,” bunyi peringatan tersebut.

Para pejabat di Kodiak memperingatkan warga untuk mengungsi jika mereka tinggal di daerah dataran rendah. Sirene tsunami pun dibunyikan untuk memberi tahu masyarakat.

“Sirene tsunami meraung di Kodiak setelah gempa, saya biasanya hanya pernah mendengar tes sirene mingguan pada pukul 14.00 siang pada hari Rabu, sehingga saat mendengarnya pada pukul 01.00 pagi pada hari Selasa benar-benar mengerikan!!,” tulis warga Kodiak, Kylie J melalui akun Twitter @scarygirI.

Baca juga info : daftar kursus inggris pare

Banyak orang di pulau itu meninggalkan rumah mereka untuk pindah ke daratan. Beberapa sekolah juga dibuka untuk dijadikan tempat penampungan.

Komentar

Postingan Populer